Cara Memperbaiki Body Mobil yang penyok

Gambar Modifikasi Yamaha Honda Suzuki Kawasaki...

Terkadang mobil kita secara tak sengaja menyeggol benda atau sebuah tiang yang bisa membuat bodinya penyok. Biasanya kita bisa langsung perbaiki di tukang-tukang service / ketok magic. Tapi coba lihat dulu yuk cara sebenarnya dalam memperbaikinya.






Entah darimana asalnya, tahu-tahu bodi mobil kesayangan kedapatan penyok atau dekok. Mencuci mobil jadi nggak semangat lagi membayangkan biaya perbaikan di bengkel cat.

Khususnya mobil seperti Toyota Avanza, Vios atau Yaris yang terlahir dengan pelat bodi tipis, hal seperti ini kerap terjadi. Tetapi tak usah kawatir dengan biaya perbaikan bodi yang mahal. 
Hitungan Menit
Bob Untung dari Auto Smart Repair sudah punya solusi jitu untuk mengembalikan pelat bodi ke kondisi semula. Uniknya tanpa proses pengecetan. 

Buatnya, selama penyok dan dekok tak menyebabkan cat mengelupas, kondisi bodi bisa kembali mulus. “Pengerjaan paling lama sekitar 30 menit,” ujar Bob.

Teknologi dent repair yang sudah lama dikenal di negara Paman Sam, bisa disadurnya dengan baik. Ditambah dengan  biaya pengerjaan tergolong pahe. 

Untuk dent (penyok) kecil dan halus cukup sediakan uang Rp 30 ribu. Bandingkan dengan produk franchise dari luar yang mematok harga sekitar Rp 75 ribu/titik. Jadi jika ada 10 titik yang mesti digarap, hanya menghabiskan dana Rp 300 ribu. Murah kan?

Prosesnya sendiri tergolong sederhana karena semua mengandalkan kelihaian teknisi yang berpengalaman. “Investasi alat-alat yang lengkap jadi memudahkan pekerjaan,” terang Bob lagi.

Langkah awal adalah mengincar titik penyok dengan lampu neon. Bayangan lampu yang berbelok mengindikasi ada penyok di permukaan pelat.

Selanjutanya, beri tanda dengan marker pada bagian yang penyok (Gbr.1) dan masukkan alat seperti pengungkit berbentuk seperti gagang dongkrak ke celah pelat bodi yang mau diperbaiki (Gbr.2). 

Teknisi akan melakukan perbaikan dengan mengungkit pelat bodi secara perlahan sampai permukaan yang penyok kembali datar (Gbr.3). 

Lakukan finishing dengan mengetok permukaan pelat bekas penyok tadi dengan pahat karet agar permukaan pelat bisa benar-benar rata.

Metode lain adalah dengan sistem sedot atau vakum menggunakan alat khusus (Gbr.4). Cara ini untuk perbaikan bodi pada bagian tulang atau lokasi yang sulit dijangkau pengungkit. Selesai sudah!   
 (mobil.otomotifnet.com)


Category Article

What's on Your Mind...

Diberdayakan oleh Blogger.