Camber (sudut roda) Pada Mobil

Gambar Modifikasi Yamaha Honda Suzuki Kawasaki...

Camber (sudut roda) Pada Mobil - Camber merupakan sesuatu yang penting dalam kendaraan bermobil, kita sebagai pemilik mobil paling tidak harus sedikti belajar dan tahu apa itu Camber. Dibawah ini sedikit akan mengulas tentang camber tersebut. Mari bersama membacanya.


CAMBER
Camber adalah sudut dari roda, diukur dalam derajat, saat dilihat dari depan mobil. Roda depan dari mobil, dipasang dengan bagian atasnya dimiringkan keluar atau kedalam. Ini disebut camber dan diukur dalam derajat kemiringan dari arah vertikal. Saat bagian atas roda dimiringkan keluar, dia disebut positive camber. Sebaliknya, kemiringan kedalam disebut negative camber.
Pada beberapa mobil, camber berubah dengan kecepatan roda yang berbeda. Ini dikarenakan gaya aerodynamic menyebabkan perubahan pada ketinggian kendaraan dari pada saat mobil berhenti. Oleh karena itu, Ketinggian kendaraan harus diperiksa dan diperbaiki sebelum mengeset camber. Dalam beberapa tahun ini trendnya adalah penyetelan camber pada nol atau sedikit positive untuk mengimbangi beban mobil, sayangnya trend saat ini adalah setting yang sedikit negative untuk meningkatkan stabilitas mobil dan keluar dari mobil, ini mengindikasikan sesuatu yang usang, meningkatkan handling.

Jika camber tidak diatur, maka akan mempengaruhi keausan pada satu sisi roda. Jika camber terlalu negative, sebagai contoh, maka roda akan dipakai pada bagian sisi dalam dari permukaannya. Pada beberapa mobil FWD (front wheel drive) camber tidak diukur. Jika camber keluar dari mobil, ini mengindikasikan sesuatu yang usang, mungkin dikarenakan kecelakaan dan harus diperbaiki dan diganti

Positive Camber

Positive camber menghasilkan beban yang dinamik yang akan membuat roda berjalan dengan relative datar pada permukaan jalan. Positive camber juga mengarahkan berat dan beban guncangan dari mobil pada bearing roda bagian dalam yang besar dan pada splinder bagian dalam dibandingkan dengan bagian luar bearing. Positive camber yang sedang sedang saja, akan membuat umur bearing lebih panjang, memperkecil kesalahan beban yang mendadak, dan keuntungan lainnya, kemudi yang lebih mudah.

Positive camber yang berlebihan yang digunakan pada roda bagian luar dapat menyebabkan keasuan suspensi seperti bearing roda dan splinder. Pemberian positive camber pada roda menyebabkan beban pada bagian dalam spindle, mengurangi gaya gerak pada spindle dan steering knuckle.

Gaya reaksi, yang sama besar dengan beban mobil, diberikan pada roda tegak lurus terhadap jalan. Ini dibagi dalam gaya tegak lurus  ke sumbu spindle dan gaya parallel ke sumbu spindle yang mendorong roda kedalam, membantu untuk mencegah roda dari slip pada spindle. Bearing dalam roda dibuat lebih besar dari bagian luar untuk menahan beban ini.


Negative Camber Variasi pada negative camber dapat digunakan untuk meningkatkan handPenyetelan 1/2° negative pada kedua sisi akan meningkatkan penyudutan tanpa mempengaruhi umur roda yang berarti. Negative setting ini mengganti kerugian pada positive camber, merubah roda bagian luar karena putaran mobil dengan cara demikian bagian permukaan roda yang bergesekan lebih datar selama menyudut / miring. negative camber yang berlebihan menggunakan bagian dalam roda dan hampir sama dengan positif camber dapat menyebabkan keausan dan stress pada suku cadang suspensi

Rear Camber

Rear camber tidak bias diadjust pada sebagian besar mobil RWD (rear wheel drive). Mobil mobil ini dirakit dengan setting camber nol dan cukup kuat untuk tidak lentur atau melengkung dalam kondisi beban normal. Hampir semua mobil front wheel drive, mempunyai spesifikasi pabrik untuk sejumlah kecil rear camber, biasanya sejumlah kecil dari negative camber untuk stabilitas di kemiringan. Jika spesifikasi pabrik mengijinkan sebuah setting 0° sampai -0.5°(30’) diperlukan untuk penggunaan roda dan stabilitas kemudi. Jika rear setting berubah, suku cadang suspensi harus diganti, Meskipun demikian, hampir semua mobil dapat diatur dengan menggunakan tipe lain untuk pengaturan seperti shims, cam bolt atau bushing.

Road Crown dan Camber Crowned road berarti di bagian luar atau sebelah kanan tangan kita lebih rendah dari pada sebelah kiri. Ini bermanfaat untuk pembuangan air di jalan tapi merugikan karena akan mempengaruhi handling mobil. Road Crown harus dikompensasikan dengan setting alignment sebab mengendarai mobil pada crowned road akan miring ke samping, menyebabkan beberapa beban berpindah ke sebelah kanan, dan camber berubah sedikit lebih positive. Kombinasi ini menciptakan sebuah tarikan atau penyimpangan ke kanan. Sebagian besar teknisi alignment menyetel mobil dengan sedikit lebih positive untuk camber, biasanya 1/4°(15’), pada bagian kiri untuk kompensasi road crown. Camber yang lebih positive ini tidak akan menyebabkan tarikan yang nyata saat dikendarai pada jalan yang rata. Sayangnya, jika camber tidak sama sisi ke sisi dengan perbedaan lebih besar dari 1/2°(30’), mobil akan tertarik ke sebelah sisi yang cambernya lebih positive Secara spesifikasi 0° to ±0.5°(30’) biasanya terbaik untuk handling mobil.


Category Article

What's on Your Mind...

Diberdayakan oleh Blogger.